Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

Proposal Ilmiah Pengertian dan Contoh Lengkap

BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang
Perkembangan teknologi di dalam dunia entertaiment sudah semakin maju, contohnya Playstation suatu produk keluaran dari perusahaan elektronik terkemuka di dunia yaitu Sony yang berhasil menarik perhatian para pecinta games sehingga sangat diminati di seluruh penjuru dunia.

Playstation tidak hanya diminati oleh anak kecil saja, tetapi orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Bahkan tidak hanya kaum lelaki saja yang gemar memainkannya, kaum wanita pun lumayan banyak yang gemar bermain Playstation. Playstation dapat menghibur dan menghilangkan rasa jenuh atas kegiatan sehari-hari dan dapat mengisi waktu luang untuk istirahat.

Di Indonesia sudah tidak asing lagi keberadaan Playstation, sudah banyak masyarakat yang mengenal Playstation. Namun tidaklah banyak masyarakat yang memiliki Playstation, hal ini dikarenakan harganya yang mahal sehingga tidak terjangkau. Bagi masyarakat yang tidak memiliki Playstation dapat menggunakan jasa penyewaan Playstation atau yang lebih dikenal dengan Rental Playstation.






Pada saat sekarang ini sangatlah sulit mendapatkan pekerjaan yang disebabkan minimnya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan serta tingginya standarisasi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan adanya hal ini maka timbul pemikiran untuk menciptakan lapangan kerja.

Bagi masyarakat yang memiliki modal yang cukup dapat menciptakan badan usaha sendiri yang memerlukan tindakan dan keputusan manajemen yang tepat serta memilih lokasi yang strategis, misalnya badan usaha pada Rental Dero Playstation yang terletak di pinggir jalan dekat SMP 157. Rental ini sudah berjalan selama dua tahun lebih, terhitung dari tahun 2003 yang kegiatannya bergerak dibidang jasa yaitu penyewaan Playstation. Dalam jangka dua tahun rental ini cukup berkembang. Pelanggan Rental Dero Playstation ini adalah mayoritas anak SMP 157 dan sebagian kecil dari lingkungan masyarakat sekitarnya.


Dilihat dari banyaknya permintaan konsumen yang ingin menggunakan jasa Playstation ini maka tidaklah mungkin untuk dapat melayani semua keinginan konsumen tersebut, oleh karena itu Rental Dero Playstation ingin mengembangkan usahanya dengan menambahkan fasilitas seperti televisi, mesin Playstation, meja, kipas dan lain-lain. dengan  adanya pengembangan usaha ini maka perlu dilakukannya studi kelayakan guna menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan. Maka daripada itu penulis ingin meneliti kelayakan pengembangan usaha yang dilakukan Rental Dero Playstation dan memberi judul penulisan ilmiah ini “Studi Kelayakan Pengembangan Usaha Pada Rental Dero Playstation Di Jakarta Timur”.


1.2              Rumusan Masalah, Pernyataan Penelitian dan Batasan Masalah 
1.2.1        Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ilmiah ini adalah apakah rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation dapat memberikan keuntungan?

1.2.2        Pertanyaan Penelitian :
1. Bagaimana pertimbangan aspek pasar dan pemasaran atas rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation?
2. Bagaimana pertimbangan aspek teknis operasi dan aspek keuangan atas rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation?
3.   Apakah rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation layak untuk dilaksanakan?

1.2.3        Batasan Masalah
Dalam penelitian ilmiah ini, penulis membatasi masalah untuk proyek yang dilaksanakan dengan aspek-aspek studi kelayakan khususnya dalam aspek keuangan diantaranya penilitian investasi dengan menggunakan metode Payback periode, Net Present Value (NPV), Profitablitas Indeks (PI) dan Internal Rate of Return (IRR) dengan memperkirakan pendapatan dari aset-aset yang baru pada Rental Dero Playstation untuk tahun 2007 kedepan.

1.3              Tujuan Penelitan
Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah sebagai berikut :
1.  Untuk mengetahui pertimbangan aspek dasar dan pemasaran atas rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation.
2.   Untuk mengetahui pertimbangan aspek teknis operasi dan aspek keuangan atas rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation.
3.    Untuk mengetahui layak tidaknya atas rencana pengembangan usaha pada Rental Dero Playstation.


1.4              Manfaat Penelitan
Manfaat dengan diadakannya penelitian ilmiah ini :
1.    Menunjang dalam proses belajar studi kelayakan proyek bagi mahasiswa.
2.  Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan berinvestasi untuk pengembangan usaha bagi badan usaha tersebut.
3.   Sebagai bahan acuan bagi seseorang atau badan usaha lain dalam berinvestasi untuk mendirikan maupun mengembangkan usahanya.
4.    Sebagai contoh penelitian untuk membantu mahasiswa yang ingin melakukan suatu penelitian yang sejenis.


1.5              Metode Penelitian
1.5.1        Objek Penelitian
Objek penelitian dalam penelitian ilmiah ini adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang jasa Rental Dero Playstation berlokasi di Jl. Albaidho Jakarta Timur.

1.5.2        Data/Variabel
Data / Variabel yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah perkiraan pendapatan dari aset-aset yang baru pada Rental Dero Playstation untuk tahun 2007 kedepan.



1.5.3        Metode Pengumpulan Data / Variabel
Metode pengumpulan data / Variabel dan keterangan serta informasi yang relevan, maka penulis melakukan dengan cara sebagai berikut :
1.                  Penelitian di Lapangan.
Penelitian ini dilakukan secara langsung terhadap obyeknya, guna mendapatkan data-data primer maupun data sekunder yang diperlukan untuk penelitian ilmiah ini.
2.                  Penelitian di Perpustakaan.
Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari data-data yang diperlukan sebagai landasan teoritas untuk menganalisa data yang diperoleh di lapangan. Dengan kata lain pengumpulan data melalui buku-buku yang ada di dalam kepustakaan maupun diluar kepustakaan seperti surat kabar, majalah dll.



1.5.4        Hipotesis
Apakah proyek pengembangan usaha yang akan dilakukan Rental Dero Playstation layak atau tidak jika dilihat dari aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis operasi serta aspek keuangan?



1.5.5        Alat Analisis yang Digunakan
Dalam penulisan ilmiah ini alat analisis yang digunakan adalah Payback Periode, Net Present Value (NPV), Profitabilitas Indeks (PI), dan Internal Rate of Return (IRR).



Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Proposal Ilmiah Pengertian dan Contoh Lengkap semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua - Proposal Ilmiah Pengertian dan Contoh Lengkap

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Proposal Ilmiah Pengertian dan Contoh Lengkap

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.