Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Krumpuls - Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli - Pengertian Jaringan Komputer adalah seni menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi peripheral (sumber daya) misalnya printer, fax, mesin fotokopi, CD ROM, dll dan data, maka sebuah jaringan komputer akan menjadi interkoneksi dari dua atau lebih komputer.


Sebuah jaringan komputer juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan komputer independen yang bertukar informasi satu sama lain melalui media komunikasi bersama.


Sebuah jaringan komputer terdiri dari sekelompok komputer yang saling terhubung oleh jenis spesifik media transmisi (kabel yang digunakan untuk mengirimkan data melalui jaringan), adapter jaringan, dan sistem operasi jaringan yang mendukung protokol komunikasi.


Pengertian Jaringan Komputer


Komponen Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, komponen yang membuat jaringan dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori:

  • Perangkat keras
  • Perangkat lunak



Hardware Jaringan Komputer


  • Komputer Pengirim (source): - ini adalah komputer atau perangkat yang mengirim data.
  • Komputer penerima (Destination): - ini adalah komputer atau perangkat lain yang dimaksudkan untuk menerima data yang dikirimkan.
  • Media transmisi: - memberikan bagian data dan dapat berupa kabel atau media nirkabel seperti inframerah, microwave dan radio.
  • Clien: - adalah komputer yang terhubung pada jaringan mengakses sumber daya bersama dari server.
  • Server: - adalah komputer yang memberikan sumber daya bersama seperti penyimpanan, percetakan, email dll, yang memungkinkan klien untuk mengakses informasi di dalam sebuah jaringan. Mesin server sering memiliki CPU lebih cepat , memori lebih besar, dan ruang disk lebih dari mesin klien khas.
  • Node: - Sebuah node adalah sebuah perangkat yang terhubung sebagai bagian dari jaringan komputer misalnya komputer, PDA, ponsel, router, switch, server, printer, dll dan dapat berkomunikasi pada jaringan.
  • Host: - Istilah host dapat berarti: - (1) Sebuah sistem komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja di lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem yang berisi data disebut host, sedangkan komputer di mana pengguna duduk disebut remote terminal. (2) Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan TCP / IP, termasuk Internet. Setiap host memiliki alamat IP yang unik.
  • Segmen: - Ini adalah bagian atau unit dari jaringan lager yang dihubungkan oleh perangkat penghubung seperti hub atau router.
  • Backbone: - Sebuah link (biasanya cepat) antara segmen jaringan. Tulang punggung atau batang segmen kabel utama dari mana kabel transceiver yang terhubung ke komputer, repeater dan jembatan.
  • NIC: - Network Interface Card, itu adalah perangkat yang bertindak sebagai antarmuka fisik (link) antara komputer dan kabel jaringan.



Sofware Jaringan Komputer

Software memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer. Mereka mengendalikan operasi jaringan dan lalu lintas pesan dan antrian. Perangkat lunak meliputi ;


  • Sistem operasi jaringan (Network operating system NOS): - Berjalan di server, server memberikan kemampuan untuk berbagi sumber daya misalnya Windows NT, Novel Netware, UNIX, Linux dll
  • Aplikasi perangkat lunak klien: - Ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan klien untuk mengakses sumber daya bersama.


Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli semoga bermanfat dan berguna untuk anda semua - Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.