Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara


KrumpulsWawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara - Menurut saya pribadi Wawancara adalah Proses mengorek berita dari narasumber, wawan cara bertujuan untuk mengetahui kejelasan informasi secara langsung dari sumber berita atau kejadian.


Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara


Jenis-jenis wawancara
Kita dpt membedakan jenis wawancara berdasarkan tujuan dari pewawancara dan yang diwawancarai. Beberapa yang paling penting adalah wawancara untuk informasi, persuasi, penilaian, pengunduran diri, penerimaan karyawan dan konseling.( Stewart & Cash, 1984; Zima,1983).


Wawancara informasi

Dlm wawancara informasi, pewawancara berusaha mengetahui beberapa hal tentang yang diwawancarai. Biasanya orang yang berprestasi atau mempunyai reputasi tertentu.Pewawancara mencapai tujuan ini dengan mengajukan serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk mendapatkan pandangan, keyakinan, wawasan, perspektif, prediksi, sejarah dan sebagainya dr yang diwawancara.



Wawancara Persuasif
Tujuan wawancara persuasif adalah untuk mengubah sikap atau perilaku seseorang. Pewawancara dapat mengajukan  pertanyaan yang akan mengarahkan orang yang diwawancara untuk sampai pada hasil yang dikehendaki atau yang menjawab secara persuasif.


Wawancara penilaian
Dalam wawancara penilaian atau evaluasi, kinerja orang diwawancarai oleh kolega atau manajemen yang lebih berpengalaman. Tujuan umumnya adalah menemukan bagian-bagian mana yang diwawancarai berprestasi dengan baik. Dan bagian mana mereka kurang berprestasi dan mengapa?


Wawancara pengunduran diri
Macam wawancara yang lain, dilaporkan dilakukan 80 persen dari seluruh perusahaan di Amerika adalah wawancara pengunduran diri. Bila seorang karyawan mengundurkan atas kemauan sendiri, penting bagi perusahaan unt mengetahui sebabnya. Semua organisasi berlomba-lomba untuk mendapat karyawan yang baik, dan jika ada seorang karyawan yang mengundurkan diri perusahaan harus mengetahui sebabnya, agar karyawan yang lain tidak ikut mengundurkan diri.

Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara - Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara



Wawancara Penerimaan karyawan
Barangkali yang paling dipikirkan mahasiswa adalah wawancara penerimaan karyawan atau seleksi karyawan. Dalam wawancara seperti ini, banyak informasi dan persuasi saling diperlukan. Pewawancara akan menggali informasi tentang anda, minat anda, bakat anda dan jika mereka cukup pandai, beberapa kelemahan dan kekurangan anda. Anda akan mendapatkan informasi tentang keadaan perusahaan manfaatnya, keunggulannya dan jika anada cukup pandai, beberapa kelemahan dan masalahnya.


Wawancara Konseling
Dalam wawancara konseling, pewawancara berusaha memberikan tuntunan. Biasanya wawancara macam ini dilakukan oleh orang yang telah terlatih dibidang psikologi, bimbingan komunikasi atau bidang lain yang berhubungan dengan hubungan antar manusia.Tujuan wawancara ini untuk membantu seseorang untuk dapat lebih efektif mengatasi masalahnya.



Urutan wawancara


  • Menyiapkan topik permasalahan.
  • Menyiapkan daftar pertanyaan.
  • Menyiapkan diri anda.
  • Menetapkan sasaran.
  • Menyiapkan jawaban pertanyaan.


Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara. Jenis-jenis wawancara. Wawancara informasi. Wawancara Persuasif. Wawancara penilaian. Wawancara Konseling. Urutan wawancara.

Sekian....




Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua yang membutuhkan Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara

Wawancara, Pengertian dan Contoh Persiapan Wawancara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Naufa el hakim

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.