Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

Ringkasan Buku Klasik Layar Terkembang


Krumpuls - Ringkasan Buku Klasik Layar TerkembangAssalamualaikum sahabat Krumpuls. pada kesempatan ini saya akan update artikel yang sanagt bermanfaat untuk anda.

Ringkasan Buku Klasik Layar Terkembang - sedikit menengok sejarah sastra, Buku Klasik Layar Terkembang merupakan karya sastra fenomenal yang menggemparkan pelosok negeri atas lahirnya karya Sutan Takdir Alisjahbana 1937 yang menjadi novel populer angkatan balai pustaka.

mungkin anda tertarik dengan artikel ini:
Contoh Resensi Novel Layar Terkembang

Contoh Resensi Novel Negeri 5 Menara
Contoh Resensi Novel
Contoh Resensi Novel Moga bunda disayang Allah
Resensi Novel Perahu Kertas
Contoh Resensi Novel Karya Habiburrahman El Shirazy


Baiklah langsung saja akan saya Kupas sedikit mengenai Buku Klasik Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana


Buku Klasik Layar Terkembang

Penulis: Sutan Takdir Alisjahbana
Judul : Layar Terkembang
Penerbit : Balai Pustaka
Terbit : 1937 (Cetakan Pertama)
Tebal Buku : 139 Halaman



Ringkasan Layar Terkembang

Layar Terkembang adalah sebuah roman klasik karya Sutan Takdir Alisjahbana. Berisi lika-liku perjuangan seorang wanita mencapai cita-citanya. Juga menceritakan kisah cinta yang mengharu-biru. Dikisahkan, Raden Wiriatmadja memiliki dua orang anak perempuan yang berbeda karakter. Sang kakak bernama Tuti lebih pendiam dalam pembawaan sehari-hari. Hobinya membaca buku dan aktif dalam kegiatan organisasi. Sedangkan adiknya lebih lincah dan supel bergaul, Maria.

Suatu hari, Tuti dan Maria berkenalan dengan seorang mahasiswa Kedokteran bernama Yusuf di Pasar Ikan. Seorang pemuda anak seorang Demang di Martapura, Sumatera Selatan. Ternyata, pemuda ini menjadi tambatan hati keduanya. Namun, Marialah dengan segala pesonanya berhasil merebut hati Yusuf. Keduanya pun makin dekat, Yusuf meminta Maria menjadi kekasihnya.

Sang kakak, Tuti menyibukkan diri dengan aktif di organisasi. Ia bahkan menjadi wakil organisasi untuk berpidato tentang kemajuan perempuan dalam sebuah kongres. Hubungan Yusuf dan Maria diikat melalui pertunangan. Namun, saat akan menikah, Maria sakit TBC dan harus dirawat di sanatorium di pedesaan. Disanalah, Tuti menyadari bahwa berjuang tak hanya dilakukan dalam sebuah organisasi, tapi juga bisa dengan cara tinggal di desa dan membangun desa itu.

Penyakit Maria semakin parah. Sebelum meninggal, Maria berpesan agar Tuti mau menikah dengan Yusuf. Novel ini merupakan sebuah karya sastra yang melekat di hati banyak pembacanya. Buku ini dapat menginspirasi kaum muda agar berjuang keras mencapai cita-cita mereka. Hingga 2009, novel Layar Terkembang telah dicetak oleh Penerbit Balai Pustaka sebanyak 35 kali.



Tentang STA
Sutan Takdir Alisjahbana (STA) lahir di Natal, Sumatera Utara pada 11 Februari 1908. ia menulis novel Layar Terkembang ini di usia 29 tahun. Selain menulis, ia juga menerjemahkan buku, pendiri dan editor Pujangga Baru. Sutan Takdir adalah penulis yang produktif. Ia tak hanya menulis novel, tapi juga buku sejarah sastra dan budaya, artikel, puisi, naskah, dan banyak lagi. Buku-bukunya dikenal hingga ke luar negeri.

Selain Layar Terkembang, novel karyanya adalah Tak Putus Dirundung Malang (1929), Dian Tak Kunjung Padam , 1932), Anak Perawan di Sarang Penyamun (1940), Grotta Azura (1970) dan sebagainya. Pada 1992, Sutan Takdir meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Selain itu, ia juga meraih Japan Foundation Award dari Japan Foundation. Sastrawan besar ini wafat di Jakarta, 17 Juli 1994.



mungkin sekian dulu artikel yang bisa saya update mengenai Ringkasan Buku Klasik Layar Terkembang pada kesempatan pagi ini.
walaupun sedikit semoga manfaatnya besar dan berguna untuk anda semua.
salam :)


Ringkasan Buku Klasik Layar Terkembang. Ringkasan Layar Terkembang. Buku Klasik Layar Terkembang. Sutan Takdir Alisjahbana (STA). Biografi Sutan Takdir Alisjahbana (STA). Tak Putus Dirundung Malang. Dian Tak Kunjung Padam. Anak Perawan di Sarang Penyamun. Grotta Azura.

Ringkasan Buku Klasik Layar Terkembang. Ringkasan Layar Terkembang. Buku Klasik Layar Terkembang. Sutan Takdir Alisjahbana (STA). Biografi Sutan Takdir Alisjahbana (STA). Tak Putus Dirundung Malang. Dian Tak Kunjung Padam. Anak Perawan di Sarang Penyamun. Grotta Azura



Mungkin sekian dulu artikel yang bisa saya share mengenai Ringkasan Buku Klasik Layar Terkembang walaupun sedikit semogabermanfaat dan berguna untuk anda.

salam :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ringkasan Buku Klasik Layar Terkembang

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.