Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

Contoh dan Penjelasan Descriptive Text


Contoh dan Penjelasan Descriptive Text  - Descriptive Text merupakan salah satu dari 13 jenis teks bahasa Inggris (Types of Text) yang secara umum menggambarkan suatu objek.

Tetapi berbeda dengan Report Text  yeng memberikan penggambaran mengenai benda, hewan, tumbuhan atau pun tempat berdasarkan riset yang mendalam. Descriptive Text hanya memberikan penggambaran mengenia benda, hewan, tumbuhan atau pun tempat berdasrakan pengetahuan si penulis saja. Untuk lebih jelasnya lihat penjelsaan dari Descriptive Text di bawah ini. Semoga bermanfaat.



Mungkin anda juga Tertarik dengan artikel ini:


Pengertian dan contoh Narrative Text
Beberapa Contoh Report Text
7 Contoh Procedure Text
5 Contoh Narrative Text : Fabel
Analytical Exposition Text






A. Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text merupakan jenis teks yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam menggambarkan benda, tempat, manusia, hewan dan lain sebagainya. Descriptive Text adalah sebuah teks bahasa Inggris untuk mengggmbarkan seperti apa benda atau mahluk hidup yang kita deskripsikan, baik secara kenampakan, bau, suara, atau tekstur dari benda atau makhluk hidup tersebut.



B. Tujuan Komunikatif Descriptive Text

Tujan Komunikatif dari Descriptive Text adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari benda, tempat, atau mahluk tertentu secara terperinci, sehingga orang yang mendengar atau membaca gambaran yang kita berikan dapat mengetahui dan bisa membayangkan seperti apa benda, tempat atau mahluk hidup yang kita diskripsikan.



C. Generic Structure Descriptive Text

Di setiap Descriptive Text terdapat dua bagian yang menjadi ciri dari Descriptive Text itu sendiri. Kedua bagian tersebut adalah:


1. Identification 
Idnetification adalah bagian dari Descriptive Text yang berisi tentang topik atau "apa" yang akan digambarkan atau dideskripsikan.

2. Description 
Description adalah bagian terakhir dari Descriptive Text yang berisi tentang pembahasan atau penggambaran tentang topik atau "apa" yang ada di Identification mengenai kenampakan fisik, kualitas, perilaku umum maupun sifat-sifatnya.



D. Ciri Kebahasan Descriptive Text
 
1.  Descriptive Text menggunakan Present Tense, misalnya: go, eat, fly, etc.

2. Descriptive Text menggunakan berbagaimacam Adjectives (kata sifat) yang bersifat Describing (mengambarkan), Numbering (Menomerkan), dan Classifying (mengklasifikasikan), misalnya: two strong legs, sharp white fangs, etc.

3. Descriptive Text menggunakan Relating Verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya: my mum is realy cool, it has very thick fur, etc.

4. Descriptive Text menggunakan Thinking Verbs (kata kerja berfikir, seperti belive, think, etc.) dan Feeling Verbs (kata kerja perasa, seperti feel)untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya: police believe the suspect is armed, I think it is a clever animal, etc.

5. Descriptive Text juga menggunakan Adverbs (kata keterangan) untuk memberikan informasi tambahan mengenai perilaku atau sifat (Adjective) yang dijelaskan, misalnya: it is extremely high, it runs definitely past, etc.



 E. Contoh Teks Discriptive

Di bawah ini juga penulis juga sertakan Contoh Desctiptive Text yang tentunya diharpkan membantu pemahaman pembaca mengenai penjelasan Descriptive Text di atas. Di sertakan pula terjemahaanya.  



MacQuarie University

Identification
Macquarie University is one of the largest universities in Australia. This year, in 2004, it celebrates its 40th anniversary.

(Macquarie University adalah salah satu universitas terbesar di Australia. Tahun ini, pada tahun 2004, merayakan ulang tahun ke-40 nya.)

Description
The university is located at the North Ryde Greenbelt, Sydney, where the New South Wales government sets aside 135 hectares for the institution. In 1964, Macquarie area was a rural retreat on the city fringe, but today the campus and its surroundings have evolved beyond recognition. The North Ryde District has grown into a district of intensive occupation anchored by a vibrant and growing university.

(Universitas ini terletak di North Ryde Greenbelt, Sydney, di mana pemerintah New South Wales menyisihkan 135 hektar bagi lembaga univeristas tersebut. Pada tahun 1964, daerah Macquarie merupakan retret pedesaan di pinggiran kota, tapi hari ini kampus dan sekitarnya telah berkembang di luar harapan. Distrik North Ryde telah tumbuh menjadi sebuah distrik kependudukan yang intensif yang tumbuh dari perkembangan dan dinamisme universitas.)

Blessed with a fortunate location and room to breathe, Macquarie can be proud of that careful planning that retains and enrich the university’s most attractive natural features. A pleasing balance between buildings and plating is evident across the campus. This emphasis on the importance of landscape has created images of Macquarie as a place that members of the university are most likely to pleasurably recollect.

(Diberkahi dengan lokasi yang menguntungkan dan adanya ruang terbuka untuk bernapas, Macquarie bisa bangga dengan perencanaan yang matang tersebut yang dipertahankan dan memperkaya ciri khas alami yang paling menarik dari universitas tersebut. Keseimbangan yang menyenangkan antara bangunan dan hiasan jelas di kampus. Penekanan pada pentingnya lanskap telah menciptakan gambar Macquarie sebagai tempat bahwa anggota universitas akan sangat mungkin mendapatkan kesenangan)

One of the highlights of the landscape is the Mars Creek zone. It comprises landscaped creek sides and valley floor, a grass amphitheatre, and artificial lake surrounded by rocks and pebbles, native plants and eucalypts.

(Salah satu yang menarik dari lanskap adalah Mars Creek zona. Ini terdiri dari sisi taman sungai dan dasar lembah, sebuah amphitheater rumput, dan danau buatan yang dikelilingi oleh batu dan kerikil, tanaman asli dan pohon eukaliptus.) 

Today, a railway station is under construction. In three years1 time, Macquarie will be the only university in Australia with a railway station on site. Macquarie is poised to be the most readily accessible in Sydney region by rail and motorway, yet retaining its beautiful site.

(Hari ini, sebuah stasiun kereta api sedang dibangun. Dalam waktu tiga tahun, Macquarie akan menjadi satu-satunya universitas di Australia dengan stasiun kereta api di sekitar lokasinya. Macquarie siap untuk menjadi univeristas yang paling mudah diakses di wilayah Sydney oleh kereta api dan jalan tol, namun tetap mempertahankan lokasi yang indah.) 




sekian dulu pembahasan saya pada kesempatan ini mengenai Contoh dan Penjelasan Descriptive Text walaupun sedikit semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua.
maaf kalau ada kesalahan penulisan atau kekurangan, mohon kritikanya.
salaam




Contoh dan Penjelasan Descriptive Text,Descriptive Text,Types of Text,Pengertian Descriptive Text,Generic Structure Descriptive Text,Contoh Teks Discriptive

Contoh dan Penjelasan Descriptive Text Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Naufa el hakim

1 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.