Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

Surat Legalisir


Surat LegalisirSurat legalisir maksudnya adalah foto copy dari sebuah surat yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwewenang, tidak semua surat dapat dilegalisir. Beberapa surat yang dapat dilegalisir diantaranya: Surat tanah, sertifikat IMB, KTP, surat nikah, dan akte kelahiran atau kartu keluarga. Legalisir oleh pihak yang berwewenang artinya disahkan oleh pihak yang berhak menyatakan surat tersebut sah atau tidak.

Tata cara legalisir surat: Foto copy surat hanya boleh dilegalisir di tempat surat itu dikeluarkan pertama kali, contoh surat nikah hanya boleh dilegalisir oleh KUA tempat pasangan menikah. Surat tanah hanya boleh dilegalisir oleh Badan Pertanahan Nasional di daerah masing-masing. atau minimal oleh camat sebagai  PPATK. Intinya surat dilegalisir oleh orang yang mengeluarkan surat tersebut.

Contoh surat legalisir, secara sah legalisir tidak boleh menutupi tanggal surat asli, dan tanda tangan surat asli yang difoto copy (tanggal dan tanda tangan penerbitan surat), biasanya legalisir dicantumkan didaerah yang kosong. pada sebuah surat. Warna tinta legalisir yang umum adalah biru untuk stempel legalisir dan hitam untuk tandatangan penlegalisir, legalisir surat tidak membutuhkan materai.

Biaya-biaya legalisir surat: sekarangbelum ada ketetapan nasional yang menetapkan besaran harga sebuah legalisir surat (biaya untuk melegalisir surat) namun sampai saat ini yang paling umum adalah Rp 5000 per lembar.

Sekian dulu pembahasan saya kali ini mengenai contoh surat legalisir semoga membantu kesimpulannya bukan ijazah saja yang harus dilegalisir tapi semua berkas keperluan harus diperhatikan kelengkapan legalisirnya.

Surat Legalisir. Tata cara legalisir surat. Contoh surat legalisir. Biaya-biaya legalisir surat. stempel legalisir

Surat Legalisir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Naufa el hakim

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.